BAB
IV
HASIL DAN PEMBAHASAN
4.1
GAMBARAN UMUM TEMPAT PENELITIAN
4.1.1 Sejarah Hotel The Oberoi
Lombok
Hotel
The Oberoi
Lombok adalah hotel yang memiliki cabang yang terletak di berbagai
negara yakni di bagian Afrika, Arab Saudi, India dan Indonesia. Pada awalnya Hotel The Oberoi Lombok didirikan oleh bapak Mohan Singh Oberoi yang berkebangsaan India, dan seiring
berkembangnya zaman, indonesia menjadi salah satu tempat yang sesuai untuk
mendirikan Hotel The Oberoi karena
indonesia merupakan negara yang mempunyai keunikan budaya dan tradisi yang bisa membuat wisatawan menjadi tertarik
untuk berkunjung ke indonesia. Oberoi sendiri merupakan hotel yang menampilkan
suatu konsep keunikan pada suatu negara serta tradisi yang masih kental dan aktif. Itulah sebabnya
indonesia dipilih menjadi salah satu tempat untuk dibangunnya cabang Hotel
Oberoi yang hanya terdapat di daerah Lombok dan Bali. Kedua tempat ini dianggap
sebagai tempat yang mempunyai keunikan khas pada tradisi dan budaya.
Hotel The Oberoi Lombok mulai
dibangun pada tahun 1996 sebagai tahun peletakan batu pertama, sedangkan Grand
Openingnya Hotel The Oberoi Lombok
baru dilakukan pada tahun 1997 dan sampai saat ini masih beroperasi dengan
aktif, sebagai sarana akomodasi para wisatawan baik lokal maupun mancanegara.
Hotel
The Oberoi Lombok merupakan hotel bintang lima berlian yang bertaraf
internasional. Saat ini Hotel Oberoi
Lombok dipimpin oleh seorang General Manager (GM) dari indonesia yang
bernama Imran Sultan Hassan sebagai salah satu orang yang dipercaya oleh
corporate oberoi untuk memimpin oberoi dan menjalankan industri pariwisata yang
ada di indonesia, khususnya di pulau Lombok.
Hotel
The Oberoi Lombok menjadi salah satu hotel yang pertama kali
direkomendsikan oleh Conde Nas Traveler
Holiday dengan penghargaan award sebagai hotel yang paling cocok bagi
wisatawan untuk berlibur. Selain itu juga Hotel
The Oberoi
Lombok tergabung dalam anggota dari Leading Hotel Of The Word (LHW) dan Small Luxury Hotel Of The Word
(SLH)
Sebagai hotel bintang lima hotel Oberoi memiliki fasilitas dan pelayanan
yang sangat exellent. Standar pelayanan yang diberikan sangat ramah dan
berkualitas. Disamping itu juga tempatnya yang sangat sepi, jauh dari
keramaian, nyaman dan indah sangat cocok buat tamu yang benar-benar
menginginkan kedamaian terutama bagi pasangan bulan madu ( honeymooner ).
Pantainya yang private dan
pasir putih menambah kekaguman memandang laut lepas pantai. Ditambah dengan
pemandangan dari jetty sangat cocok untuk mengabadikan kenangan bersama orang
yang disayang. Bangunannya yang tertata rapi dan beratap ilalang mencirikan
keramah tamahan berbaur dengan alam Lombok.
Hotel
The Oberoi Lombok berada di Jalan Medana Beach yang terletak dikawasan Tanjung, Lombok Utara, POBOX 1096,
NTB Indonesia.
4.1.2
Fasilitas-fasilitas Hotel The Oberoi
Lombok
1.
Lumbung Restaurant
Lumbung
restaurant terletak di sebelah kanan lobby.Restaurant yang berkapasitas 80
orang ini dibagi menjadi dua tempat yaitu in side dan out side. Lumbung
restaurant hanya di gunakan untuk dinner saja, buka jam 19:00 sampai 23:00 dan
last order sampai 22:30. Menu yang di tawarkan disini terdiri dari Western,
Asian, Indonesian menu.Pada malam jumat, biasanya selalu diiringi oleh hiburan
Sasak Perfomence Dance yang langsung
di datangkan dari group tari dari Mataram. Malam senin disekitar kolam dihiasi
oleh cahaya lilin, menambah romantic buat
tamu yang sedang dinner.
2.
Sunbird Restaurant
Sunbird restaurant terletak di
dekat pantai, dimana restaurant ini bentuknya sangat sederhana namun elegan. Restaurant
yang open air ini hanya tersusun dengan lying
chair. Kitchennya juga lebih
terbuka sehingga menampakkan kesahajaan sunbird
restaurant. Restaurant ini hanya memfasilitasi untuk breakfast dan lunch saja. Breakfast
dibuka mulai jam 07:00 sampai dengan jam 11:00,
dan dilangsungkan dengan lunch hingga pukul 18:00, last order lunch
sampai pukul 17: 30. Semua breakfast dan
lunch di selenggarakan dengan metode alacarte. Jadi tamu bebas sendiri memilih
menu yang susuai dengan keinginannya.
3.
Tokek Bar
Tokek
Bar terletak di sebelah kiri hotel, namun dekat dengan pantai. Bar yag beratap
ilalang ini menyediakan minuman cocktail
maupun moctail. Disamping itu juga
disini menyediakan light meal kepada tamu yang sedang enjoy menikmati sunset
atau bermain kartu di sekitar bar. Tokek Bar buka mulai pukul 08: hingga tengah
malam. Tokek Bar merupakan satu satunya bar di Hotel The Oberoi Lombok, sehingga pelayanan yang diberikan
sangatlah maksimal.
4.
SPA treatment and Gymnasium.
Spa
di sediakan bagi tamu yang menginginkan terapi ataupun fit body massage. Spa
menyediakan menu menu-menu klasik dari india maupun leluhur Indonesia. Oberoi spa buka mulai pukul 09:00 sampai
20:00 dan last appointment samapai 19:00. Disisi ruangan spa disana juga di
sediakan gymnasium buat tamu yang mau berolah raga.Gymnasium buka dari pukul 06:00 hingga 18:00 sore.Di sebelah
belakang bangunan spa, di sediakan lapangan tenis buat tamu yang mau bermain
tennis. Untuk equipment sudah disediakan disini.
5.
Public Swimming Pool
Terletak didepan lobby tepatnya yang paling tengah diantara tiga
kolam. Namun kedua kolam tersebut hanya sebuah genangan air saja, sehingga
tampak seperti air laut yang bersambung kalau dilihat dari lobby. Letaknya di tengah tengah hotel mempermudahkan terhadap
jangkauan tamu yang ingin memfasilitasi kolam renang. Dari kolam renang juga
sangat pas untuk melihat sun set, tempatnya yang agak tinggi dan terbuka
menawarkan indahnya pemandangan matahari tenggelam ini.
6.
Clinik/Medical service
Sebagai hotel yang jauh dari
rumah sakit, tentu the Oberoi hotel Lombok menyedikakan klinik centre dengan
medicine lengkap.Pengecekan di lakukan oleh dokter rumah sakit Tanjung. Klinik
buka selama 24 jam dan dokter selalu siap untuk datang.
7.
Boutique
Boutique terletak di sebelah kiri
tidak jauh dari lobby. Disini menyediakan barang art shop, busana, post card
maupun kebutuhan sehari-hari tamu.
Untuk
pengiriman postal, bisa juga dikirim lewat boutique.
8.
Business Centre
Business centre
terletak
di area lobby, namun berada di dalam
ruangan. Di dalam
business centre terdapat tiga unit
computer, printer , library, money changer,
selection DVD movie. Bagi tamu yang
mau menggunakan fasilitas di business centre di sediakan pelayanan 24 jam.
Penggunaan akses internet semua gratis baik yang menggunakan computer yang ada
di business centre maupun yang memakai koneksi Wi-Fi.
9. Tour
and travel
The Oberoi Lombok juga
lengkap menyediakan tour and travel yang menginginkan jasa tour, sewa mobil dan
sebagainya. Bangunannya terletak di sebelah timur boutique, dekat dengan area
parker. Mobil yang di gunakan sangat mewah yaitu luxury kijang Inova. Penjemputan
atau pengantaran tamu yang langsung menggunakan mobil hotel sangat
professional. So pir dan guide yang bekerja rata-rata berpengalaman dalam medan
maupun wilayah.
10. Horse
and Cart
Buat tamu in-house yang ingin merasakan segarnya udara
Tanjung dengan cidomo, hotel Oberoi Lombok menyediakannya dengan kusir
berpengalaman. Pada pagi hari biasanya tamu akan diajak mengunjungi pasar
tradisional yaitu pasar Tanjung.
Ada juga tamu yang menginginkan berkunjung ke kampong tradisional. Mereka akan
disambut dengan senyum ramah penduduk local, melihat langsung cara pembuatan
minyak kelapa dan berbagi ceria dengan
anak-anak.
11.
Sepeda gunung
Bagi para tamu yang sekedar ingin
menikmati indahnya suasana hotel,
disediakan sepeda sebanyak 10 unit. Sepeda ada yang untuk dewasa,
anak-anak dan juga ada yang model tandem. Sepeda ditempatkan di depan ruangan
meeting tidak jauh dari lobby.
12. Private jetty / beach
club
Beach club akan membantu tamu
yang mau melakukan diving, boat fishing,
sunset cruise dan snorkeling gili. Beach club juga memberikan pelayanan
yang mau snorkeling di area pantai hotel. Terdapat 4 unit fast boat yang selalu
siap mengantarkan ke gili.
1. Fasilitas kamar Hotel
The Oberoi Hotel Lombok
memiliki 50 buah kamar diantaranya 30 pavilion dan 20 villa
(a) Luxury
pavilion garden view
(b) Luxury
pavilion ocean view
(c) Luxury
ocean view villa with pool
(d) Luxury
garden view villa with pool
(e) Luxury
villa ocean view
(f) Luxury
villa garden view
(g) Royal
villa
(h) Two
bed room villa
4.1.3
Struktur Organisasi Food and Beverage Service
department
Gambar
4.1 Struktur Organisasi F&B Service
di Hotel The Oberoi Lombok
F&B Manager
|
Assistant F&B
Manager
|
SupervisorRestautant
|
Bartender
|
Resturant Captain
|
Waiter/waiters
|
Bar Captain
|
Sumber : HRD
The Oberoi Lombok, 2015
Keterangan :
1.
F&B Manager bertanggung jawab penuh
terhadap operasional semua outlet yang
mencakup Food and Beverage Service.
2.
Asst. F&B Manager
membantu tugas-tugas (FBM) serta mengecek pelaksanaan operasional ke
masing-masing outlet
3.
Supervisior
restaurant bertanggung jawab untuk
kelancaran operasional F&B Service.
4.
Captain
bertanggung jawab untuk satu outlet
saja.
5.
Waiter/waiterss
bertanggung jawab dalam operasional yang di bantu oleh Daily Worker dan trainee.
4.2 Penyajian Data
4.2.1
Data Keadaan karyawan
Karyawan
F&B Service yang di tetapkan di restaurant lumbung, sekitar 8-9 orang
dalam melayani tamu yang tamu semua nya terdiri dari karyawan tetap, kontrak,
DW, juga trainning. Dan semua karyawan memiliki skill yang baik dan profesional waiter/waiterss
kemudian akan di bagi menurut stationnya,
afternoon shift di mulai pukul 15.00
(prepare) dan shift morning di mulai
pukul 06.00. Untuk shift di restaurant lumbung sendiri dimulai dari jam 15.00 (
afternoon shift ).
Tabel
0 SDM
Departemen F&B Service Hotel The
Oberoi Lombok
NO
|
NAMA
|
JABATAN
|
PENGALAMAN
KERJA
|
1
|
Astry
Wardani
|
FBM
|
1
Tahun di The Oberoi Lombok
|
2
|
Kartika
Yuli
|
Asst
FBM
|
7
Bulan di The Oberoi Lombok
|
3
|
Sahrudin
|
Senior
Captain Restaurant
|
18
Tahun di The Oberoi Lombok
|
4
|
Nadra
|
Captain
Restaurant
|
18
Tahun di The Oberoi Lombok
|
5
|
Andini
|
Captain
Restaurant
|
15
Tahun di The Oberoi Lombok
|
6
|
Ana
|
Waitress
|
15
Tahun di The Oberoi Lombok
|
7
|
Naswadi
|
Waiter
|
15
Tahun di The Oberoi Lombok
|
8
|
Mansyur
|
Waiter
|
15
Tahun din The Oberoi Lombok
|
9
|
Martini
|
Waitress
|
5
Tahun di The Oberoi Lombok
|
10
|
Morsi
|
Waiter
|
4
tahun di The Oberoi Lombok
|
11
|
Nyoman
Sari
|
Waitress
|
3
Tahun di The Oberoi Lombok
|
Berdasarkan tabel di atas , dapat dijelaskan
bahwa kualitas SDM staff yang
bertugas pada bagian food and beverage
Service refresentatif, di lihat dari
jumlah Staffnya.
4.2.2
Profesionalisme Waiter/Waitress di
Restaurant Lumbung
02. Data Profesionalisme Waiter/Waitress dari hasil observasi
Tabel
0.1
No
|
Nama Responden
|
Aspek yang di observasi
|
Hasil observasi
|
1
|
Executive: Astry Wardani Kartika Yuli
|
Penampilan/performance
Kedisiplinan
Akurasi/ Ketepatan
Daya Tanggap/ Responsive
Sensitivitas
Etika/ Attitude
Loyalitas
Tanggung Jawab/ Responsibility
Taktik ( Cara )
Ketulusan
|
Sudah di terapkan
dengan baik
|
Sudah di terapkan
dengan baik
|
|||
Sudah di
terapkan dengan baik
|
|||
Sudah di
terapkan dengan baik
|
|||
Sudah di terapkan
dengan baik
|
|||
Sudah di terapkan
dengan baik
|
|||
Sudah di
terapkan dengan baik
|
|||
Sudah di terapkan
dengan baik
|
|||
Sudah di terapkan
dengan baik
|
|||
Sudah diterapkan dengan baik
|
Tabel
0.2
No
|
Nama
|
Indikator
|
Hasil
|
1
|
Captain :
1.
Sahrudin
2. Nadra
3.
Andini
Waiter/
Waitress :
1.
Ana
2. Naswadi
3. Mansyur
4. Martini
5. Morsi
6. Nyoman Sari
|
Penampilan/ performance
|
Sudah di terapkan
dengan baik
|
Kedisiplinan
|
Sudah di terapkan
dengan baik
|
||
Akurasi/ Ketepatan
|
Sudah di terapkan dengan baik
|
||
Daya Tanggap/ Responsive
|
Sudah di
terapkan dengan baik
|
||
Sensitivitas
|
Sudah di terapkan
dengan baik
|
||
Etika/ Attitude
|
Sudah di terapkan dengan
baik
|
||
Loyalitas
|
Sudah di
terapkan dengan baik
|
||
Tanggung Jawab/ Responsibility
|
Sudah di terapkan
dengan baik
|
||
Taktik/ Cara )
|
Sudah di terapkan
dengan baik
|
||
Ketulusan
|
Sudah diterapkan dengan baik
|
4.2.3
Data Hasil Interview Profesionalisme
Kerja Waiter/Waitress di Restaurant
Lumbung
Hotel The
Oberoi Lombok
Tabel 03
No
|
Nama
|
Indikator
|
Hasil
|
1
|
Astri Wardani
Kartika Yuli
Sahrudin
Nadra
Andini
Ana
Naswadi
Mansyur
|
Penampilan /Performance
|
Sudah memenuhi standar
|
Kedisiplinan
|
Sudah dilakukan dengan baik
|
||
Akuras/ Ketepatan
|
Sudah
dilakukan dengan baik
|
||
Daya tanggap/Responsive
|
Sudah
dilakukan dengan baik
|
||
Sensitivitas
|
Sudah dilakukan dengan baik
|
||
Etika/ Attitude
|
Sudah dilakukan dengan baik
|
||
Loyalitas
|
Sudah dilakukan dengan baik
|
||
Tanggung jawab/ Responsibility
|
Sudah dilakukan dengan baik
|
||
Martini
Morsi
Nyoman Sari
|
Taktik
|
Belum dilakukan dengan baik
|
|
Ketulusan
|
Sudah dilakukan dengan baik
|
||
4.2.4 Data
Hasil Dokumentasi
Berdasakan
data hasil dokumentasi yang diperoleh, Penulis memperoleh data berupa foto
yang diabadikan pada saat operasional.
Foto yang diambil berikut ini merupakan foto yang berkaitan dengan salah satu
indicator profesionalisme yakni penampilan (
performance ).
Foto
tersebut menunjukan penampilan waiter/waitress yang tampak elegan dengan
uniform khas Hotel The Oberoi Lombok lengkap dengan name tag, kancing baju yang
terbuat dari kulit, dan ikat pinggang berupa kain tenun berwarna kuning emas.
Sebagai pelengkap grooming, waitress tersebut juga memakai bunga Frangipani
Flower di kuping dan jam tangan selain sebagai penunjang kesempurnaan
penampilan tetapi juga sebagai standar grooming yang sudah ditetapkan oleh
manajemen Hotel The Oberoi Lombok yang harus dimiliki oleh setiap
waiter/waitress saat operasional.
Foto
lainnya menunjukan sikap salah seorang waitress yang sedang melayani dua orang
tamu mancanegara saat makan siang ( lunch ).
Tampak
waitress tersebut sedang menuangkan minuman untuk tamu sebagai salah satu
bentuk pelayanan yang dilakukan di Restaurant Lumbung hotel The Oberoi Lombok.
Waitress tersebut tampak elegan dan tersenyum di hadapan tamu. Ini adalah salah
satu bentuk perhatian yang diberikan oleh waiter/waitress kepada tamu yang bersantap di Restaurant Lumbung Hotel The Oberoi
Lombok.
Di
foto berikutnya, menunjukan salah seorang waitress sedang mekakukan re-set up
table sebagai bagian dari pentingnya menyediakan meja, kursi, serta peralatan
makan yang rapi dan bersih untuk tamu. Hal tersebut merupakan sebagian kecil
dari tugas dan tanggung jawab yang harus dikuasai oleh seorang waiter/waitress
pada food and beverage service
department.
Dari hal tersebut diharapkan dapat menunjang kepuasan bagi tamu baik tamu in
house maupun tamu outsider yang
datang ke Restaurant Lumbung Hotel The Oberoi Lombok.
4.3 Analisis Data
Dalam
upaya analisis data yang penulis lakukan dengan menggunakan metode observasi, interview dan dokumentasi sehingga penulis
berhasil mengumpulkan data dalam penelitian tentang profesionalisme kerja waiter/waitress di Restaurant Lumbung Hotel The Oberoi Lombok. Adapun
data yang diperlukan adalah data mengenai bagaimana profesionalisme kerja waiter/waitress Hotel
Oberoi Lombok dalam melakukan
pelayanan.
Dari
penyajian data di atas penulis dapat memberikan analisis mengenai profesionalisme
kerja waiter/waitress di Restaurant
Lumbung
Hotel The Oberoi Lombok sebagai
berikut :
1. 1. Penampilan
a. Waiter/waitress
yang incharge di restaurant lumbung
masing-masing menggunakan uniform yang telah disediakan oleh hotel The Oberoi
Lombok dan melengkapi standart grooming
yang telah ditetapkan manajemen seperti name
tag, ikat pinggang, kancing baju, dan sandal. Untuk menambah keindahan dan keunikan performance waiter/waitress hotel The Oberoi Lombok, semua staff harus memakai
bunga frangipani flower ( bunga
kamboja ) di kuping sebelah kiri.
b. Waiter/waitress hotel The Oberoi Lombok tidak menggunakan atribut
maupun aksesoris berlebih atau mencolok, yang digunakan hanya jam tangan
sebagai bagian dari kelengkapan standart
grooming dengan ketentuan warna hitam atau coklat, bukan warna-warna
terang. Khusus untuk waitress, rambut
diikat dengan ikat rambut hitam serta hairnet
warna hitam pula. Make up harus lengkap agar tetap terlihat fresh saat menghandle tamu.
c. Waiter/waitress hotel The Oberoi Lombok selalu menjaga kerapian dan kebersihan diri selama berada di
area restaurant. Jika uniform
yang digunakan terdapat noda atau kerutan maka uniform segera dikembalikan ke laundry
dan diganti dengan uniform yang
baru dan lebih bersih. Begitu pula dengan sandal maupun ikat pinggang yang
digunakan. Apabila terdapat kerusakan dan sudah tidak nyaman dipakai, waiter/waitress hotel The Oberoi Lombok
langsung menghubungi Housekeeping
department untuk dicarikan ikat pinggang atau sandal yang baru sebagai
penggantinya sehingga tidak akan mengganggu
performance saat operasional.
d. Waiter/waitress hotel The Oberoi Lombok selalu
menjaga kesegaran tubuh, khususnya bagi waiter
pria selalu mengganti uniform apabila
badannya berkeringat dan selalu
mandi
saat break ( istirahat ). Sebelum
kembali ke outlet, badan sudah segar
dan bersih dengan uniform yang lebih
bersih.
22. Kedisiplinan
a. Waiter/waitress
hotel The Oberoi Lombok,
khususnya yang incharge di restaurant Lumbung selalu datang
15 menit sebelum operasional dan membantu preparation, di antaranya :
a)
Membersihkan peralatan yang di pakai
atau di perlukan di restaurant, seperti table
cloth, salt and pepper, candle stand, candle glass, vas flower, water goblet,
red wine glass, dan cutleries.
b) Mempersiapkan
semua peralatan dan perlengkapan di Restaurant kemudian laying cover dan set up
table.
c) Mengecek
semua kelengkapan restaurant.
d) Mengikuti
Briefing (pengarahan) oleh Food and Beverage Manager atau Asst. Manager
Restaurant
e) Mengikuti
tata tertib selama berada di area restaurant
b. Waiter/waitress hotel The Oberoi Lombok selalu
menjalankan schedule yang telah
dibuat dan tidak pernah meninggalkan shift
tanpa keterangan atau alasan yang jelas. jika ada yang datang telat karena suatu hal yang
mendesak, maka staff tersebut akan langsung menghubungi supervisor incharge sehingga dapat diinformasikan pada saat briefing bahwa yang bersangkutan akan
datang telat namun tetap bekerja membantu operasional.
33. Akurasi ( ketepatan )
a. Waiter/waitress hotel The Oberoi Lombok selalu berusaha memberikan
penjelasan yang selengkap-lengkapnya kepada tamu mengenai informasi tentang makanan dan minuman yang dijual di
restaurant termasuk
menu culinary highlight
( menu special ) yang ditawarkan pada hari itu
maupun special event ( jika saat itu ada event yang akan di adakan di restaurant ). Semua dijelaskan dengan
bahasa yang sopan dan jelas.
b. Waiter/wairess hotel The Oberoi Lombok selalu memberikan
saran (suggestion) kepada tamu jika
tamu merasa bingung untuk menentukan pilihan makan malamnya. Makanan yang
disarankan berdasarkan informasi tentang preference
tamu itu sendiri. Mulai dari appetizer, soup, main course, hingga dessert. Semua preference tamu selalu ditulis dan
selalu di update di Guest Preference Book.
c. Waiter/waitress hotel The Oberoi Lombok selalu berusaha mendengarkan
dan menangani permintaan tamu ( request )
dengan seksama.
44. Responsive ( daya tanggap )
a. Waiter/waitress hotel The Oberoi Lombok selalu
siap membantu jika tamu mengalami masalah yang berhubungan dengan pelayanan di
restaurant, seperti jika tamu ingin duduk di outside table namun saat itu outside
table sudah penuh, maka dapat ditawarkan pada tamu untuk duduk di inside table terlebih dahulu sembari
menunggu tamu yang duduk di outside table
selesai makan dan meninggalkan restaurant kemudian berikan tamu pelayanan
istimewa dengan membuatkan reservasi outside
table untuk keesokan malamnya.
b. Waiter/waitress hotel The Oberoi Lombok selalu berusaha memberikan
pelayanan yang cepat dan tepat kepada tamu. Jika tamu membawa anak kecil, maka waiter/waitress akan segera menyediakan baby chair atau double cuisine untuk kursi anak kecil tersebut
sementara waiter/waitress yang lain akan mengganti
cutleries anak tersebut dengan plastic cutleries khusus untuk anak-anak
yang sudah disediakan oleh hotel The Oberoi Lombok.
c. Waiter/waitress hotel The Oberoi Lombok selalu
menunjukan kepeduliannya dengan merespons setiap keluhan dan
masukan dari tamu demi perbaikan pelayanan. Jika tamu mengeluh karena makanannya terlalu pedas,
maka waiter/waitress dengan sigap
mengatasi keluhannya dengan memberikan complimentary
Mango Sorbet sebagai penetral rasa pedas sekaligus sebagai permintaan maaf. Untuk menghindari kejadian
yang sama terulang lagi pada tamu tersebut, biasanya waiter/waitress selalu menulis keterangan “ No Spicy” di captain order
untuk mengingatkan Chef. Informasi
tersebut juga akan ditulis di log book dan guest preference book serta akan di share pada saat briefing secara
detail.
55. Sensitivitas
a. Waiter/waitress hotel The Oberoi Lombok selalu berupaya untuk mengerti
apa yang diminta dan dibutuhkan oleh tamu. jika tamu tersebut tidak terlalu lancar berbahasa
inggris biasanya yang akan menghande adalah supervisor
atau senior. Mereka akan menghandle tamu tersebut dengan sangat hati-hati untuk
mengindari missed communication..
b. Waiter/waitress hotel The Oberoi Lombok selalu
merespons dengan cepat apa saja request yang disampaikan oleh
tamu. Jika tamu
tersebut meminta makanan dengan bahan atau bumbu tertentu maka captain waiter akan mendiskusikan dengan
chef terlebih dahulu untuk
ketersediaan bahan dan berapa waktu yang dibutuhkan untuk membuatnya
c. Waiter/waitress hotel The Oberoi Lombok selalu mengingat dan membaca ulang informasi tentang tamu
( preference ) seperti nama tamu,
nomor kamar, informasi mengenai kesukaan maupun alergi jika tamu memiliki
alergi terhadap suatu jenis makanan. Semua informasi tersebut digunakan
demi kelancaran dan kesuksesan
pelayanan.
d. Waiter/waitress hotel The Oberoi Lombok selalu
menjalankan silent pointer, yakni
memberikan apa yang dibutuhkan tamu tanpa menunggu tamu tersebut meminta, seperti
memberi ashtray saat tamu hendak
merokok, memberikan tissue saat tamu
batuk, memberikan mostique lotion jika tamu terlihat
menggaruk tangannya karena gigitan nyamuk dan sebagainya.
66. Etika ( Attitude )
a. Waiter/waitress hotel The Oberoi Lombok selalu menyambut
tamu dengan senyum ramah dan sopan serta selalu melakukan eye contact saat bertemu dengan tamu tidak hanya di restaurant tapi
dimanapun di area hotel. Begitu pula pada tamu yang baru check-in biasanya akan melewati area restaurant saat akan di
antar menuju ke kamarnya, waiter/waitress yang incharge di Restaurant Lumbung saat itu
akan menyapa dengan ramah sambil mengucapkan “ Good Evening, Sir/Madam. Welcome to The Oberoi Lombok “
b. Waiter/waitress hotel The Oberoi Lombok senantiasa memperlakukan
setiap tamu dengan baik dan tepat (
special care ).
Hal tersebut dilakukan agar tamu merasa dirinya diperlakukan sebagai orang
penting yang harus dilayani dengan baik dan maksimal, bukan hanya sekedar
datang dan makan.
c.
Waiter/waitress hotel The Oberoi Lombok
selalu menyapa
tamu dengan bahasa yang sopan baik secara langsung maupun tidak langsung melalui telepon. Waiter/waitress hotel The Oberoi Lombok juga melakukan hal yang sama
terhadap sesama rekan kerja di Food and
Beverage Service Department maupun kepada terhadap department lain. Mereka
menggunakan bahasa yang sopan saat melakukan komunikasi via telepon ( telephone courtesy ). Baik saat
menginformasikan sesuatu maupun untuk meminta bantuan demi kelancaran
operasional.
77. Loyalitas
a.
Waiter/waitress hotel The Oberoi Lombok di Restaurant
Lumbung selalu bersedia memenuhi schedule
yang telah disiapkan dan bersedia mengganti hari libur (pending
off) terutama
saat occupancy sedang naik ( high season ) jika saat itu diminta
untuk incharge oleh supervisor. Beberapa orang waiter/waitress
juga bersedia jika diminta untuk split
saat high season guna membantu rekan
kerja yang lain sehingga pekerjaan mulai dari preparation sampai
operational menjadi lebih efektif dan efisien.
b. Waiter/waitress hotel The Oberoi Lombok
selalu mengikuti
berbagai macam kegiatan yang diadakan manajeman guna perbaikan kualitas
pelayanan, seperti kegiatan outing
untuk melatih kerja sama dan berpartisipasi penuh dalam program kursus bahasa inggris yang diadakan pihak hotel The
Oberoi Lombok. Meskipun saat
itu beberapa orang waiter/waitress schedule-nya
sedang off akan tetapi mereka tetap
datang untuk mengikuti English Class
yang telah jadwalnya telah ditetapkan ole manajemen hotel The Oberoi Lombok.
c. Dilihat dari lamanya tahun bekerja,
Waiter/waitress
hotel The Oberoi Lombok menunjukkan loyalitas mereka dengan bekerja
bertahun-tahun untuk manajemen Hotel The Oberoi Lombok bahkan ada beberapa
orang staff yang bekerja sejak hotel pertama kali grand opening hingga saat ini masih loyal terhadap pekerjaannya
sebagai waiter dan waitress di hotel The Oberoi Lombok.
d. Waiter/waitress hotel The Oberoi Lombok
tidak
ada yang pernah meninggalkan
dan menutup ( closing ) restaurant
jika tamu masih ada yang makan meskipun saat itu sudah lewat last order yaitu 22.30. Tamu tersebut akan dilayani sampai
selesai makan dan membayar bill. Jika tamu sudah selesai makan dan hendak
meninggalkan restaurant, baru lah
waiter/waitress mengucapkan
“ have a pleasant night, sir/madam. See you tomorrow “.
88. Responsibility ( Tanggung Jawab )
a. Masing-masing waiter/waitress hotel The Oberoi Lombok
selalu mejalankan
job descriptionnya dengan baik.
b. Waiter/waitress hotel The Oberoi Lombok
selalu
menjaga kebersihan area restaurant Lumbung dan semua peralatannya. Begitu selesai operasional, semua peralatan disimpan
kembali ke tempatnya , napkin yang
bersih dilipat kembali dan disimpan dengan rapi ditempatnya, table cloth dan napkin yang kotor disortir dan dibawa ke laundry untuk dicuci.
c. Waiter/waitress hotel The Oberoi Lombok
selalu
mereport jika ada peralatan
restaurant yang rusak
atau mengalami gangguan misalnya ada lampu di restaurant yang tidak menyala,
maka waiter/waitress yang saat itu
menemukan segera contact Engineering
untuk diperiksa dan diperbaiki, demi kelancaran operasional
selanjutnya.
99. Taktik ( cara )
a.
Waiter/waitress hotel The Oberoi Lombok
selalu berupaya menawarkan
setiap menu dengan bahasa yang sopan, menarik dan mudah dipahami oleh tamu, “ would you like to try our Lamb Bhuna Ghost
, sir/madam? It’s one of our Indian speciality with curry style and Indian herb. “ waiter/waitress hotel The Oberoi Lombok juga sudah paham wine apa yang cocok sebagai pendamping
makanan yang dipilih tamu. Mereka akan menawarkan terlebih dahulu kepada tamu
dan jika tamu setuju untuk memesan wine
tersebut maka bartender yang incharge di service bar akan segera melakukan preparation untuk serving
wine yang dipesan tersebut.
b. Waiter/waitress hotel The Oberoi Lombok
selalu
menawarkan minuman terlebih dahulu kepada tamu. Sebelum pouring water, waiter/waitress di Restaurant
Lumbung terlebih dahulu akan menanyakan jenis air yang ingin diminum tamu
tersebut, “ Excuse me, Sir/Madam. Would
you like to have sparkling or still water, please ? “. Waiter/waitress juga selalu menawarkan aperitif drink sebagai minuman pembuka kepada tamu tersebut. Namun,
meski telah ditawarkan seperti itu tidak banyak tamu yang memilih minum yang
ditawarkan oleh waiter/waitress
tersebut. Tamu dominan memilih still
water.
c. Waiter/waitress hotel The Oberoi Lombok
selalu berusaha untuk menjawab
pertanyaan tamu tentang ciri khas menu yang diinginkannya, baik itu mengenai
rasa ( taste ), variasi, maupun
kandungan bahan dan gizi yang ada dalam menu tersebut. Semua dijelaskan dalam
bahasa yang ringan dan tidak sulit dimengerti oleh tamu.
110. Ketulusan
a.
Waiter/waitress
selalu menyambut tamu dengan senyum ramah dan welcome begitu tamu tiba di restaurant. “good evening, sir/madam. How are you this evening? “
b. Saat
operasional waiter/waitress selalu
mengucapkan “ Thank you so much,
sir/madam “ sambil tersenyum terutama saat tamu akan meninggalkan
restaurant.
c. Waiter/waitress
selalu memberikan bantuan kecil kepada tamu, seperti menarikkan kursi saat tamu
baru kembali dari toilet dan akan duduk lagi,
selalu memberikan tool bag saat
tamu membawa tas dan barang.
Dari
uraian penyajian data berdasarkan tabel hasil wawancara dan hasil observasi di
atas mengenai tingkat profesionalisme waiter/waitress
di Hotel
The
Oberoi
Lombok
telah bekerja mengikuti alur atau prosedur serta memiliki acuan dan peraturan
berdasarkan standar operasional yang ditetapkan oleh manajemen hotel the Oberoi
Lombok. Setiap operasional baik breakfast,
lunch maupun dinner harus
ditangani dengan professional oleh semua staff di semua outlet sesuai dengan tugas dan tanggung jawab sebagai seorang
waiter mengingat betapa pentingnya peran food
and beverage service department dalam hal
pelayanan di sebuah hotel.
BAB
V
KESIMPULAN
DAN PENUTUP
5.1 Kesimpulan
Dari hasil Analisis Data dan
pembahasan di atas, penulis dapat menyimpulkan bahwa profesionalisme kerja waiter/waitress di Restaurant Lumbung Hotel The Oberoi Lombok
dan yang ada di teori dengan penerapannya
sudah sesuai dan diterapkan dengan baik. Terutama saat operasional semua staff menjalankan
tugas sesuai dengan SOP sehingga pekerjaan dapat terselesaikan dengan baik.
Semua indikator profesionalisme sebagian besar sudah dijalankan sehingga
masing-masing staff dapat saling membantu dalam memperlancar, mempermudah dan
mengatur tugas-tugas F & B Service terutama
dalam menghandle para tamu yang bertujuan dan memberikan manfaat seperti kesan
yang baik, rasa
nyaman dan kepuasaan bagi tamu serta keramah tamahan kepada tamu dan membawa
dampak positif juga bagi keuntungan Hotel
The Oberoi Lombok.
5.2 Saran
Dengan meninjau dari hasil penelitian dan kesimpulan, maka saran-saran dapat penulis sampaikan guna
kemajuan Food and Beverage Departemen Hotel
The Oberoi Lombok dalam memberi pelayanan yang memenuhi
standard demi kepuasaan tamu.
Adapun saran-saran dari penulis sebagai berikut:
a. Profesionalisme
waiter/waitress dalam bekerja sudah
baik, hanya perlu lebih di tingkatkan agar dapat meninggalkan kesan lebih baik
pada tamu.
b.
Hambatan didalam melaksanakan pelayanan
disebab kan apabila tamu ramai ( high season ) sehingga perlu adanya
penambahan tenaga kerja waiter/s ,bisa
dengan menambah tenaga daily worker atau tenaga casual guna membantu kelancaran
operasinal agar tidak terjadi kekacauan dan tidak menghambat konsentrasi dan
mental waiter/s.
c. Waiterr/s
perlu meningkatkan lagi penguasaan tentang menu ( product knowledge ) terutama bagi staff baru.
d.
Tingkatkan kerjasama yang baik antar
staff, agar dapat menciptakan suasana
kerja yang lebih baik dan menyenangkan.
e.
Lebih menumbuhkan inisiatif yang baik
dalam bekerja dan meningkatkan kinerja untuk hasil yang lebih baik lagi.
indikatornya sumbernya darimana mbak??
ReplyDelete